10 Trik Agar Kamar Kosan Lebih Luas

Kost Keren

Hai Sahabat BRANGKOS!
Apa yang kiranya terbesit dalam benak kita ketika mendengar kata kosan? Sumpek mungkin kata yang pertama kali kita ucapkan. Jika kamar kosan amburadul, sebaiknya kita mulai berbenah dulu.

Sebab, kenyamanan bisa menentukan cepat atau lambatnya kita dalam memahami materi. Coba saja bayangkan belajar di tengah tumpukan fotokopi materi, baju kotor, bungkusan kripik pedas atau sepatu yang berceceran di dekat pintu? Bukannya belajar, malah jadi malas.

Jika kita kurang beruntung mendapat kamar kos sebesar kotak sepatu, kita perlu banget trik menata kamar kosan agar terlihat lebih luas. Tidak perlu desainer interior, yang kita perlukan hanya waktu luang untuk berbenah.

Yuk, kita intip trik-triknya :

1. Box penyimpan di bawah kasur

Kalau tempat tidur di kamar kosan tidak berupa matras saja, kita bisa menggunakan box plastik besar yang ada tutupnya untuk menyimpan apa saja di bawah kasur.

Baiknya sih menyimpan kebutuhan yang enggak sering dipakai sehari-hari semisal seprai tambahan, P3K, handuk salinan, DVD atau mungkin kertas kuliah yang belum sempat disortir.

2. Floating shelf

Rak yang bisa ditempel di dinding atau yang biasa dikenal dengan floating shelf berguna untuk menata buku-buku teks, kebutuhan perawatan tubuh seperti parfum, dan lainnya. Selain efisien, floating shell ini bisa dipindah-pindahkan sesuka hati jika ingin menata ulang kamar kosan.

3. Tata ulang lemari  

Peraturan yang perlu banget kita ingat, yakni jangan membawa semua baju yang kita punya di lemari rumah ke lemari di kosan. Pastikan hanya membawa baju sekiranya perlu dan tidak terlalu memenuhi lemari kosan, gunakan laci plastik yang bisa dibeli terpisah di toko untuk memaksimalkan ruang lemari.

Jika punya lemari gantung, kita bisa gunakan lemari gantung untuk sepatu yang terbuat dari bahan flanel, praktis dan efisien.

4. Siasati Meja Belajar

Pada meja belajar biasanya ada laci kecil, bisa dimanfaatkan laci-laci tersebut untuk memasukkan keperluan belajar. Enggak hanya itu sih, kita juga bisa gunakan laci plastik seperti yang kita gunakan untuk lemari untuk penataan yang lebih terorganisir.

Hindari banyak aksesori diatas meja belajar agar terkesan rapi, jika perlu lampu belajar, beli yang bisa ditempel di dinding.

5. "Pantry" sederhana

Jika di ada kulkas di kamar kosan, pergunakan sebijak mungkin. Jangan banyak membeli jajanan yang akhirnya tidak dimakan dan membusuk di kulkas. Pegunakan kulkas untuk menyimpan makan malam atau hidangan cepat saji, atau susu. Jika memungkinkan untuk menggunakan microwave, akan lebih baik lagi.

6. Sulap pintu kamar

Kalau enggak punya lemari gantung untuk sepatu, jangan beli rak sepatu, itu akan makan tempat. Gunakan tempat sepatu yang bisa di gantung di pintu.

7. Maksimalkan sudut ruangan

Jika punya lemari sudut, gunakan untuk menyimpan tas, laptop, atau hidangan yang akan disantap. Lemari ini gunanya hanya "tempat transit" biarkan kosong, karena akan berguna untuk apa saja.

8. Perabot minimalis

Gunakan furnitur dan perabot yang minimalis, usahakan untuk tidak ada yang tercecer di lantai atau berserakan di atas meja, karena akan membuat kamar kosan terkesan sempit.

9. Siasati kursi

Sadar atau tidak, kursi juga bisa dijadikan tempat penyimpanan. Jika kursi dari kayu, kita bisa siasati dengan membuat rak dari triplek unutuk menyimpan sesuatu! Kreativitas bisa tersalurkan jika sering menyiasati sesuatu.

10. Manfaatkan Dinding

Sebisa mungkin jauhi memasang poster-poster idola, memang sih itu hak kita masing-masing, tapi kenapa tidak kita gunakan dindingmu untuk menggantung tas dengan menggunakan kait baja? Atau gunakan untuk menggantung handuk mandi yang lembab sekalian berfungsi sebagai jemuran multi fungsi.

Nah, sekarang Sahabat BRANGKOS udah tahu kan gimana menata kamar kosan agar terlihat lebih luas. Semoga setelah berbenah dengan trik-trik diatas kita bisa mendapatkan manfaatnya yaa.
Terima Kasih :)

source

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
30 September 2015 pukul 14.16 ×

kreatif nih, bisa dicoba

Congrats bro Aminah Bilqisthi you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment